Kamis, 01 November 2012

7. KEPEMIMPINAN USAHA

Sikap dan Kepemimpinan Pemilik Usaha

Pemilik Usaha, atau bisa kita sebut Owner, pasti adalah orang dengan jabatan tertinggi di sebuah kelompok. Sudah tercipta ratusan juta pemilik perusahaan didunia ini, dan bersaing dalam hal membuka usaha semakin dan semakin sulit. Jika pemilik usaha bisa ‘survive’ dari saingan usaha nya, tetap berjalan di bidang bagusnya, dengan artian tidak ada penurunan dalam usahanya, tidak heran jika tempat usahanya bakal dikenal oleh banyak orang.

Tiap pemilik usaha mempunyai cara memimpin , dan metode pemimpin mereka sendiri. Dengan si pemilik usaha mempimpin di tempat usaha, hal itu pula yang akan menentukan , bisa maju atau tidak usaha yang dijalaninya. Tegas, jujur, ramah, bijak, itu adalah modal dari sebuah kepemimpinan. Para pengikut usahanya akan bekerja sesuai target, sesuai hasil yang diinginkan , karena memiliki pemimpin yang mereka hormati.

Pemipik Usaha, atau pun direktur , harus memikirkan, akan dibawa kemana usaha ini. Menuju tempat usaha yang banyak dikenal orang, atau terkenal hanya di lingkungannya saja? . Dan cara – cara dari seorang pemimpin, pasti juga harus memikirkan, ‘apakah sanggup para karyawan melaksanakan cara yang saya pilih ?’ . Maka hal tersebut akan menimbulkan musyawarah. Pemimpin mengeluarkan metode baru, agar tidak kalah saing dengan usaha lain. Tetapi, hal yang disampaikan pemimpin, jika ada lebih dari 30% karyawan tidak setuju, maka pemimpin harus memikirkan ulang, bagaimana metode baru tersebut bisa diterima semua karyawan.

Jika pemimpin mengeluarkan keputusan sepihak, dan tidak ingin ditentang siapapun, pasti nya para karyawan akan ogah pengerjakan cara baru itu. Akan menjadi penurunan besar di bidang sosial tempat usaha, meskipun penghasilan tempat usaha meningkat. Karena itu hanya sementara, semakin karyawan malas dengan metode baru, atau lingkungan kerja yang buruk, sedikit demi sedikit penurunan penghasilan akan semakin terasa.

Adil dan Bijaksana. Dua hal tersebut yang harus dijunjung tinggi oleh seorang pemimpin. Apa yang dikatakan karyawan, apa hasil musyawarah dengan karyawan, itulah yang dibuat metode baru. Karena dengan begitu, para karyawan akan merasa dihargai dan dibutuhkan. Semangat kerja pun muncul, dan tentu akan berdampak baik untuk penghasilan tempat usaha.Pemimpin harus memikirkan , bagaimana cara dia memajukan usaha. Dengan cara berjuang bersama dengan karyawan untuk memajukan perusahaan, atau hanya mengandalkan kerja karyawan, tanpa memikirkan bagaimana perasaan karyawan yang dia suruh untuk bekerja.

Pemimpin yang selalu memperhatikan para karyawannya, akan mendapat hal yang positif untuk kemajuan usahanya. Jika para karyawan merasa nyaman dengan kepemimpinan pemimpin, merasa dihormati hasil kerjanya, tidak lepas kemungkinan para karyawan akan bekerja, dan memberikan hasil jauh diatas target. Suasana tempat kerja pun menjadi nyaman, dan hasil kerja pun terasa begitu cepat kenaikannya.

Kesimpulannya, para pemimpin , atau pemilik usaha, harus memikirkan cara atau metode yang baik untuk kemajuan usahanya. Ingin dengan cara mengajak para karyawannya untuk bersama-sama berjuang untuk memajukan usahanya, atau dengan cara yang sepihak, semisal menyuruh para pekerja mencapai target yang ditentukan, tanpa memikirkan kesejarteraan dan kenyamanan para karyawannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar