Sabtu, 20 Oktober 2012

5. RENCANA USAHA

 
RENCANA USAHA  Seorang pemilik bisnis atau akan memasuki bisnis untuk pertama kali, harus menyusun suatu rencana bisnis. Apakah hal tersebut untuk menaikkan dan memperoleh tambahan modal atau untuk suatu fokus bisnis yang lebih jelas. Suatu rencana bisnis sama pentingnya dengan sebuah peta bagi pencari harta karun . Jalur menuju tujuan akhir Anda mempunyai suatu urutan-urutan yang logis, suatu peta yang baik akan dengan mudah menghantarkan kita untuk sampai ke sasaran.
CARA-CARA PERENCANAAN USAHA
 1.      Konsep Bisnis , yang menjelaskan secara rinci usaha yang digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana rencana untuk mensukseskan bisnis. 

2.      Market/pasar, yang membahas dan menganalisa konsumen potensial: siapa dan dimana mereka berada, apa yang menyebabkan mereka mau membeli, dan lain-lain. Dalam bagian ini, juga perlu menjelaskan persaingan yang akan dihadapi dan bagaimana memposisikan diri untuk memenangkannya. 

3.      Finansial/Keuangan , mencakup perkiaraan pendapatan dan arus kas, neraca serta rasio keuangan lainnya, untung atau rugi.

 
Hal-Hal yang Perlu Dihindari dalam Penyusunan Rencana Usaha  
1.       Tujuan dan sasaran tidak realistis
 2.        Kegagalan untuk mengantisipasi masalah yang mungkin timbul 
3.       Tidak adanya komitmen dari para pelaku/pembuat keputusan 
4.       Tidak adanya pemasara

REFERENSI :  http://www.slideshare.net/MuhammadZen1/rencana-usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar